Covid19

TAB Darurat Covid-19 dan Caritas PSE Keuskupan Manado Salurkan 648 Paket Bantuan

Keuskupan Manado telah menyalurkan 648 paket bantuan darurat Covid-19 terdiri dari 183 paket bantuan bagi siswa dan mahasiswa perantau serta 465 paket

Istimewa
Bahan Bantuan 

TRIBUNMANADOWIKI.COM - Per 15 April 2020 Tim Aksi Bantuan (TAB) Darurat Covid-19 Keuskupan Manado dan Caritas Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE) Keuskupan Manado telah menyalurkan 648 paket bantuan darurat Covid-19 terdiri dari 183 paket bantuan bagi siswa dan mahasiswa perantau serta 465 paket bantuan darurat Covid-19 di 7 (tujuh) paroki.

Direktur Caritas PSE Keuskupan Manado Pastor Joy Derry ini mengatakan bahwa kegiatan ini melanjutkan gerak langkah keuskupan Manado mencegah penyebaran Covid-19 dan merespon dampak ekonomi dari penyakit ini.

Per tanggal 14 April 2020 Uskup Keuskupan Manado Mgr. Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC sudah mengeluarkan 4 kali surat edaran terkait darurat Covid-19.

Surat 1 (21 Maret 2020) tentang Pencegahan Virus Corona, Surat 2 (21 Maret 2020) tentang Pencegahan penyebaran Covid-19, Surat 3 (1 April 2020) tentang Pastoral di masa wabah Covid-19, dan Surat 4 (14 April 2020) tentang Aksi Bantuan Covid-19.

Komisi-komisi di Keuskupan Manado mengeluarkan panduan-panduan liturgis dan pastoral di masa menghadapi Covid-19

Pada 24 maret 2020 Kuria memberikan rekomendasi direktur Caritas untuk membentuk TAB darurat Covid-19 di Keuskupan Manado

Caritas PSE Keuskupan Manado lalu mensosialisasikan protokol kesiap-siagaan Pemerintah dan Karina.

Mereka lalu menindaklanjuti rekomendasi Uskup untuk memperhatikan umat yang kehilangan pekerjaan karena kebijakan tinggal di rumah.

Mereka juga membentuk Tim Aksi Bencanaa Darurat Covid 19 Keuskupan Manado yang terdiri dari Animasi dan edukasi on air melalui radio montini serta Animasi dan edukasi kesehatan melalui media sosial (facebook, Whatsapp).

Mereka juga membuat poster-poster edukasi kesehatan

Tak hanya itu, mereka juga menjadi mitra Pemerintah Sulawesi Utara untuk menginventarisir umat katolik/ calon penerima bantuan.

Tahap pertama tim telah mengusulkan 10.696 KK calon penerima bantuan.

Mereka mengadakan sarana prasarana sanitasi berupa tempat cuci tangan, semprotan disinfektan, hand sanitizer di kompleks posko Caritas PSE Manado

Mereka juga mengadakan dan mengemas 1.000 paket bantuan berisi beras, telur, minyak kelapa, garam, sabun cuci piring, sabun mandi, sabun cuci pakaian, dan masker kain.

Lebih jauh lagi, mereka mendorong paroki-paroki untuk membuat Alat Pelindung Diri (APD) secara mandiri diantaranya : Masker kain, hand sanitizer, disinfektan.

Kegiatan lain ialah melakukan padat karya bahan bantuan darurat Covid-19 seperti pengadaan masker dan minyak kelapa.

Tim juga membuat panduan kerja TAB Covid-19 di tingkat paroki.

Yang terakhir, mereka menggalang solidaritas/mapalus tenaga, dana, bahan dalam rangka aksi bantuan darurat Covid-19.

Caritas PSE Manado juga membuat rekomendasi ke depan.

Mereka memperkuat kapasitas jaringan Caritas Keuskupan Manado mulai dari tingkat Keuskupan, paroki-paroki, stasi, dan wilayah rohani.

Ikuti kami di
KOMENTAR
282 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved