6 Manfaat Jalan Kaki yang Perlu Anda Ketahui, Manfaatnya Luar Biasa

Orang yang sering jalan kaki diyakini akan memetik manfaat yang luar biasa. Mulai dari kualitas tidur yang baik, hingga menurunkan tekanan darah

Editor: muhammad irham
Internet
Ilustrasi jalan kaki 

TRIBUN-TIMUR.COM - Jalan kaki adalah salah satu cara untuk menjaga agar badan tetap bugar. Jalan kaki selama 30-60 menit tiap hari bisa berdampak baik bagi tubuh dan pikiran.

Orang yang sering jalan kaki diyakini akan memetik manfaat yang luar biasa. Mulai dari kualitas tidur yang baik, menurunkan tekanan darah, hingga menjaga kesehatan jantung.

Mulai sekarang, kenakan alas kaki nyaman favorit Anda dan sering-seringlah jalan kaki! Ini dia beberapa manfaat sering olahraga jalan kaki yang bisa didapatkan:

1. Membantu Penurunan Berat Badan

Dengan berjalan kaki, Anda dapat menurunkan berat badan dan risiko obesitas. Berjalan kaki yang kurang dari 5.000 langkah setiap harinya menandakan gaya hidup sedenter.

Sedangkan, dengan berjalan kaki lebih dari 10.000 langkah, dapat meningkatkan pembakaran lemak yang akhirnya bisa menurunkan berat badan.

Diperkirakan, dengan berjalan kaki setidaknya 10.000 langkah, Anda bisa menurunkan berat badan hingga 2 kg!

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

Rutin jalan kaki setiap hari bisa meningkatkan kualitas tidur Anda, lho. Penelitian menunjukan, bila konsisten berjalan kaki setiap hari setidaknya 10.000 langkah, jam tidur dan kualitas tidur akan lebih baik.

Selain itu, peneliti dari Universitas South Australia mengemukakan adanya hubungan dua arah.

Bila istirahatnya berkualitas, seseorang akan cenderung lebih aktif secara fisik. Kalau sudah aktif secara fisik, akan cenderung merasa capek dan tidur pun lebih nyenyak.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Selain berat badan bisa turun, rutin jalan kaki juga sangat baik bagi orang yang tekanan darahnya tinggi. Kegiatan ini dapat mengurangi tekanan darah sistolik hingga sekitar 3,8 mmHg dan tekanan darah diastolik 0,3 mmHg.

Bila diiringi gaya hidup sehat dan obat-obatan yang tepat, tekanan darah tinggi bisa semakin mudah diatasi.

4. Dapat Hidup Lebih Lama

Studi oleh Harvard dalam jurnal JAMA Internal Medicine pada Mei 2019, meneliti 16.000 partisipan wanita dengan usia lebih tua.

Hasilnya, mereka yang berjalan kaki 4.400 langkah per hari memiliki angka kematian yang secara signifikan lebih rendah dibanding wanita yang secara fisik tidak aktif.

Manfaat lebih terasa bila jalan kaki lebih dari 7.500 langkah.

Studi dalam jurnal Medical Journal of Australia menemukan, orang yang jalan kaki hingga 8.800 langkah per hari, rata-rata menghabiskan waktu lebih sedikit di rumah sakit hingga 30 persen, dibanding orang dengan jumlah langkah kaki setengahnya.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ikuti kami di
KOMENTAR
302 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved