Kesehatan

Ini Pemicu Sakit Kepala yang Sering Disepelekan

Umumnya sakit kepala dapat diobati dengan obat-obatan. Namun untuk sakit kepala yang dipicu oleh penyakit serius, diperlukan penanganan lebih lanjut.

Editor: muhammad irham
zoom-inlihat foto Ini Pemicu Sakit Kepala yang Sering Disepelekan
internet
Ilustrasi sakit kepala

TRIBUN-MANADO.COM - Sakit kepala adalah salah satu penyakit yang sering dialami oleh seseorang. Penyakit ini ditandai dengan rasa nyeri di kepala yang bisa muncul bertahap atau mendadak.

Rasa nyeri bisa muncul di salah satu sisi kepala, atau di seluruh bagian kepala. Sakit kepala bisa membuat kepala terasa berdenyut, atau seperti terlilit kencang oleh tali.

Sakit kepala bisa terasa ringan hingga berat, dan dapat berlangsung beberapa jam hingga berhari-hari.

Umumnya sakit kepala dapat diobati dengan obat-obatan. Namun untuk sakit kepala yang dipicu oleh penyakit serius, diperlukan penanganan lebih lanjut.

Gejala sakit kepala biasanya menyebar ke wajah, leher, dan bahu. Penglihatan penderita juga dapat menjadi buram, serta lebih sensitif terhadap cahaya dan suara.

Jika sakit kepala disertai dengan muntah, leher kaku, gangguan penglihatan,
Segera periksakan diri ke dokter bila sakit kepala disertai muntah, leher kaku, gangguan penglihatan, bicara kacau, atau kejang, Anda disarankan untuk segera konsultasi dengan dokter. Bisa jadi hal tersebut merupakan gejala dari penyakit yang berbahaya.

Sakit kepala terjadi akibat aktifnya saraf nyeri di kepala. Kondisi ini dapat dipicu oleh beberapa perilaku sehari-hari, seperti kurang tidur atau telat makan.

Sakit kepala juga dapat dipicu oleh sejumlah penyakit, antara lain sakit gigi, infeksi telinga, migrain atau migrain pada anak, hipertensi, atau tumor otak.

Untuk mengetahui penyebab sakit kepala, penderita disarankan untuk memerhatikan perilakunya sehari-hari yang mungkin menjadi penyebab sakit kepala.

Bila sakit kepala membuat penderita menjadi khawatir, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Dokter akan melakukan sejumlah pemeriksaan untuk mengetahui penyebab sakit kepala.

Pengobatan

Pengobatan sakit kepala tergantung dari penyebabnya. Bila tidak ada gejala lain yang berbahaya, sakit kepala dapat diredakan dengan obat-obatan yang dijual bebas, seperti paracetamol.

Bila sakit kepala dirasa mengkhawatirkan, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang sesuai.

Untuk mencegah sakit kepala akibat perilaku sehari-hari, terapkanlah perilaku hidup yang sehat, misalnya beristirahat dengan cukup dan rutin berolahraga. Sedangkan untuk sakit kepala akibat suatu penyakit, pencegahan yang terbaik adalah dengan mengobati penyebabnya.(*/tribun-manado.com)

Ikuti kami di
KOMENTAR
300 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved