Ini yang Akan Terjadi Jika Mobil Dipaksa Melaju Dalam Keadaan Overhat

Pemilik mobil sebaiknya berhati-hati ketika mesin sudah menunjukkan tanda-tanda yang tidak normal, seperti suhu mesin yang mengalami panas berlebih

Editor: muhammad irham
int
ilustrasi mobil mengalami overheat 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Agar kendaraan roda empat dapat melaju dengan baik tentu saja membutuhkan komponen mesin yang bekerja optimal.

Pemilik mobil sebaiknya berhati-hati ketika mesin sudah menunjukkan tanda-tanda yang tidak normal, seperti suhu mesin yang mengalami panas berlebih (overheat).

Mesin mobil yang mengalami overheat sebaiknya jangan dipaksa terus berjalan.

Dampaknya, bisa lebih parah, terutama pada bagian jantung pacu mobil itu sendiri.

Dealer Technical Support Dept. Head PT TAM Didi Ahadi mengatakan, di dalam instrumen mobil pastinya terdapat indikator temperatur, penting bagi para pengendara roda empat khususnya mobil memperhatikan temperatur ketika sudah menunjukkan ke kondisi panas.

“Sebaiknya jika hal tersebut terjadi segeralah menepi dan mencari bantuan atau telepon bengkel terdekat. Jangan sampai melanjutkan perjalanan,” ujar Didi, sepeti dikutip dari kompas.com, Jumat (30/10/2020).

Sebab, ketika dipaksa berjalan biasanya tarikan pada mesin akan berkurang sedikit demi sedikit, kemudian terjadi knocking (ngelitik).

“Bisa turun mesin kalau dipaksakan, paling parah ketika silinder head-nya melengkung karena terlalu panas. Jika sudah terjadi seperti itu, komponen tersebut tentu harus diganti dan pastinya dengan biaya yang tidak sedikit,” kata Didi.

Sebaiknya pemilik mobil periksa kendaraannya secara rutin dan teratur.

Tanyakan kepada bengkel resmi mengenai kondisi mobil tersebut.

Karena jika terdapat kerusakan dan tetap dibiarkan, tentu saja akan menguras kantong Anda dikemudian hari untuk membereskannya.(*/tribunmanado.co.id)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved