Pilkada Tomohon

Hasil Survei Indonesian Observer: Jagoan PDIP Unggul Telak di Kota Tomohon

Tak hanya Pilkada Tomohon, lembaga survei ini juga melakukan survei untuk Pilkada Gubernur Sulut.

Editor: muhammad irham
int
ilustrasi pilkada 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kota Tomohon, Sulawesi Utara, menjadi ajang pertarungan sengit bagi Partai Golkar dan PDIP. Saat ini, jagian dari Partai Golkar yang berkuasa di kota bunga tersebut.

Namun, di Pilkada Tomohon yang akan berlangsung 9 Desember 2020 mendatang, PDIP mulai pasang kuda-kuda. Jagoan mereka, Caroll Senduk dan Wenny Lumentut (CS-WL) sementara unggul di beberapa survei yang dilakukan oleh lembaga survei.

Salah satu lembaga survei yang memamaparkan hasilsuveinya baru-baru ini adalah, Indonesian Observer pada Oktober 2020 lalu.

Dari hasil survei yang dilakukan pada 14-18 Oktober 2020 lalu, pasangan yang diusung PDIP, Gerindra, Caroll Senduk dan Wenny Lumentut, unggul telak.

CS-WL mendapat angka 65,7, Jilly Gabriella Eman-Virgie Baker 22,8 dan Robert Pelealu-Fransiskus Soekrini 1,3 persen.

Ini hasil dari survei dengan pertanyaan tertutup. Bagaimana ketika ditanyakan dengan pertanyaan terbuka? Hasil nyaris sama. CSWL 64,7 persen, Eman-Baker hanya 22,7.

Tak hanya Pilkada Tomohon, lembaga survei ini juga melakukan survei untuk Pilkada Gubernur Sulut.

Survei dilakukan pada 14 sampai 18 Oktober dan dipaparkan dalam jumpa pers di Elmonts Cafe, Kelurahan Kolongan, Kecamatan Tomohon Tengah, Senin (2/11/2020) malam.

Dalam pemaparan yang dilakukan Peneliti Lembaga Survei Indonesian Observer Andre Mongdong, pasangan OD-SK mengungguli kedua pesaingnya yakni Christiany Eugenia Paruntu dan Sehan Salim Landjar (CEP-Sehan) serta Vonnie Anneke Panambunan dan Hendry Runtuwene (VAP-HR).

Untuk pertanyaan tertutup pasangan OD-SK menang telak.

"Pertanyaan tertutup itu kami telah gunakan alat bantu berupa quisoner dan hasilnya menunjukan ODSK menang telak di semua kecamatan, dengan total 70,5 persen pemilih," papar Andre.

Sedangkan paslon CEP-Sehan mendapat prosentase 11,3 persen, lalu disusul VAP-HR dengan 6,6 persen. Swing Voters mencapai 11,5 persen.

Sedangkan, jika dilakukanpertanyaan terbuka, atau pertanyaan langsung tidak menggunakan alat bantu, hasilnya tidak jahu berbeda.

"Paslon OD-SK masih unggul dengan mendapatkan 69,7 persen, CEP-Sehan mendapatkan 11,2 persen. Kemudian VAP-HR mendapatkan 6.0 persen. Swing Voters 13,1 persen," terangnya lagi.

Adapun menyangkut Kredibilitas Lembaga Survei Indonesian Observer, Mongdong menjamin lembaganya bertanggung jawab bukan kepada orang tetapi kepada publik.

Sehingga itu sebabnya pihaknya mengundang media agar menginformasikan kepada publik yang mana ini bisa dipertanggung jawabkan.

"Lembaga kita adalah independen. Independen kita adalah independensi nilai intekletual melalui metodologi kita. Jadi kita konsisten di situ. Sehingga survei ini kami pertanggungjawabkan secara ilmiah dan moral," tandas Mongdong.(*/tribunmanado.co.id)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved