Kesehatan

Waspada Jika Dada Tengah Sering Sakit, Bisa Jadi Organ Dalam Bermasalah

Seperti yang telah dikatakan, serangan jantung atau penyakit lain yang berkaitan dengan jantung langsung terpikirkan ketika dada terasa nyeri.

Editor: muhammad irham
int
ilustrasi sakit dada 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Ada banyak hal yang menyebabkan nyeri dada tengah. Biasanya, banyak orang berpikir adanya serangan jantung. Namun, rasa nyeri tak hanya disebabkan oleh hal itu.

Ada banyak organ lain yang bisa terganggu dan menimbulkan rasa sakit, seperti paru-paru, otot, saraf, kerongkongan, dan lain-lain.

1. Jantung yang Bermasalah

Seperti yang telah dikatakan, serangan jantung atau penyakit lain yang berkaitan dengan jantung langsung terpikirkan ketika dada terasa nyeri.

Web MD (webmd.com) menjelaskan, ada banyak penyakit jantung yang menimbulkan rasa nyeri di dada.

Aliran darah yang berkurang menyebabkan otot jantung tidak berfungsi. Hal itulah yang dinamakan serangan jantung.

Kondisi tersebut biasanya terasa di dada bagian tengah dan kiri. Gejala yang muncul berupa keluarnya keringat, mual, dan kesulitan bernapas.

Selain serangan jantung, nyeri dada tengah juga dapat disebabkan oleh perikarditis.

Perikarditis adalah suatu kondisi di mana selaput jantung mengalami peradangan atau infeksi. Sakit yang terasa di dada biasanya menjalar ke otot leher dan pundak.

Perikarditis juga menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan untuk bernapas dan menelan makanan.

Selain serangan jantung dan perikarditis, nyeri dada yang berkaitan denga jantung juga dapat disebabkan karena miokarditis, kardiomiopati hipertropik, penyakit arteri koroner, dan lain-lain.

2. Paru-Paru yang Terganggu

Paru-paru adalah organ dalam tubuh lainnya yang menyebabkan dada terasa sakit. Pertama, Anda mungkin mengalami pleuritis. Pleuritis adalah kondisi di mana batas antara paru-paru dan dada mengalami inflamasi dan iritasi.

Web MD mengatakan, rasa sakit akan terasa ketika Anda batuk, bersin, atau bernapas.

Biasanya, pleuritis disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Sedangkan penyebab yang jarang terjadi adalah kanker atau penyakit lupus.

Penyakit yang berkaitan dengan paru-paru lainnya dan menyebabkan nyeri dada tengah adalah asma.

Asma merupakan suatu kondisi di mana saluran pernapasan mengalami inflamasi. Selain menimbulkan nyeri, asma juga sering menimbulkan batuk, kesulitan bernapas, dan mengi.

3. Gangguan Pada Saluran Pencernaan

Tahukah Anda bahwa nyeri dada tengah juga bisa disebabkan oleh saluran pencernaan yang terganggu? Ada banyak penyakit sistem pencernaan yang menyebabkan rasa nyeri di dada, salah satunya GERD.

GERD terjadi saat isi lambung kembali ke kerongkongan hingga mulut. Zat asam dari hal tersebut menimbulkan sensasi terbakar yang menjalar ke mulut dan dada. Kondisi tersebut lebih dikenal dengan istilah heartburn.

Selain GERD, Web MD mengatakan masih banyak penyakit lain yang dapat mengakibatkan dada terasa nyeri. Misalnya, pankreatitis, batu ginjal, gangguan kontraksi esofagus, dan lain sebagainya. Untuk mengetahui penyebab pastinya, lebih baik Anda berkonsultasi dengan dokter.(*/tribunmanado.co.id)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved