15 Cara Menghilangkan Sakit Kepala Tanpa Obat

Sakit kepala atau pusing biasanya hanya bagian dari meriang atau kondisi tidak enak badan. Meski begitu, kondisi ini sering mengganggu aktivitas

Editor: muhammad irham
int
Ilustrasi sakit kepala 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Berikut 15 cara menghilangkan sakit kepala tanpa obat.  Sakit kepala menjadi satu hal yang kerap membuat seseorang mengeluh.

Seseorang akan merasa rasa sakit dan tidak nyaman di kepala ketika sakit kepala menyerang. 

Sakit kepala atau pusing biasanya hanya bagian dari meriang atau kondisi tidak enak badan.  Meski begitu, kondisi ini sering mengganggu aktivitas keseharian.

Bahkan tak jarang membuat beberapa pekerjaan terbengkalai.

Oleh karena itu, bagi banyak orang, meminum obat segera setelah merasakan pusing selalu menjadi pilihan. Namun, tak jarang juga beberapa orang malas mengonsumsi obat.

Kalau sudah begitu, bagaimana cara untuk menghilangkan rasa sakit kepala?

Sebenarnya bukan tidak mungkin menghilangkan sakit kepala tanpa obat. Berikut beberapa cara menghilangkan sakit kepala secara alami dirangkum dari Healthline dan WebMD.

1. Banyak minum air putih

Hidrasi yang cukup mampu untuk membantu meringankan rasa sakit kepala.

Dalam buku Handbook of Clinical Neurology menyebutkan bahwa penelitian menunjukkan bahwa dehidrasi kronis merupakan penyebab umum sakit kepala akibat otot tegang dan migrain.

Penelitian lain yang dipublikasikan dalam Nutrition Review menemukan bahwa minum air putih dapat meringankan gejala sakit kepala pada kebanyakan orang yang mengalami dehidrasi dalam waktu 30 menit hingg tiga jam.

Ini mengapa penting untuk meminum cukup air dan makan makanan yang kaya air demi memenuhi kebutuhan harian tubuh.

2. Hindari konsumsi alkohol

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Neurosciences in Rural Practice menemukan hubungan antara konsumsi alkohol dengan sakit kepala.

Beberapa penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa konsumsi alkohol menyebabkan otot tegang dan sakit kepala pada banyak orang.

Apalagi, alkohol memiliki sifat siuretik atau menyebabkan tubuh kehilangan cairan dan elektrolit. Kehilangan cairan ini dapat menyebabkan dehidrasi.

Padahal, seperti yang telah disebutkan, dehidrasi dapat memicu rasa sakit kepala. Oleh karena itu, menghindari minum alkohol adalah salah satu cara untuk menghindari sakit kepala.

3. Tidur cukup

Bukan rahasia lagi kurang tidur memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Salah satunya menyebabkan sakit kepala.

Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang terbit dalam jurnal Headache.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved