Air Kelapa

Sulut Ekspor Air Kelapa ke Singapura

Ekspor air kelapa tersebut dilakukan Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Manado, Sulawesi Utara. 

Editor: muhammad irham
Ist
Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Manado, mengekspor 22,5 ton air kelapa ke Singapura 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sulawesi Utara yang dikenal sebagai salah satu penghasil kelapa terbesar di Indonesia, mengekspor 22,5 ton air kelapa ke Singapura, Sabtu (26/12/2020).

Ekspor air kelapa tersebut dilakukan Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Manado, Sulawesi Utara

“Layanan pada proses bisnis ekspor ini adalah bagian dari tugas kami yang tetap berjalan seperti biasa sepanjang liburan Nataru,” kata Kepala Karantina Pertanian Manado, Donni Muksydayan Saragih saat memberikan keterangan tertulisnya.

Menurut Donni, awalnya isi dari buah kelapa ini menjadi limbah di sejumlah pabrik olahan kelapa. Namun dengan adanya teknologi pangan, komoditas ini dapat dijadikan bahan dasar olahan makanan dan minuman yang tidak hanya disukai pasar domestik namun juga dapat menembus pasar ekspor.

Ardhyan Herdyanto, Kepala Operasional Pabrik PT. Sasa Inti selaku eksportir menyebutkan bahwa permintaan air kelapa di pasar ekspor cukup menjanjikan.

Selain menjadi bahan minuman langsung, juga dijadikan bahan olahan makanan dan minuman.

“Sulut pun menjadi lokasi strategis bagi kami karena memiliki banyak petani kelapa dengan hasil produksi yang berlimpah dan berkualitas,” tambahnya.

Sebagai informasi, Karantina Pertanian Manado selaku koordinator upaya peningkatan ekspor pertanian di Provinsi Sulut bersama-sama dengan Dinas Perkebunan Provinsi Sulut, instansi terkait dan pelaku usaha menggalang sinergistas.

Salah satunya dengan mendorong para pelaku usaha di Sulut untuk lebih fokus mengembangkan ekspor produk turunan agar memiliki nilai tambah.(*)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved