Bolmong

2 PNS Bolmong Direhab karena Kecanduan Narkotika

Kedua PNS ini merupakan bagian dari 30 pecandu narkotika yang diamankan sepanjang tahun 2020 oleh BNK Bolmong

Editor: muhammad irham
int
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Dua orang pegawai negeri sipil (PNS) lingkup Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menjalani rehabilitasi yang difasilitasi oleh Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Bolmong, Provinsi Sulawesi Utara.

Kedua PNS ini merupakan bagian dari 30 pecandu narkotika yang diamankan sepanjang tahun 2020 oleh BNK Bolmong. Sebagian dari pecandu yang diamankan tersebut adalah pelajar.

Menurut Kepala Seksi Bagian Umum BNK Bolmong Faradillah Schoe dalam press release akhir tahun  yang diterima Tribun Manado, ke-30 orang tersebut terdiri dari 26 pria dan 4 perempuan.

"ASN 2 orang, wiraswasta 1, pelajar, 11, paruh waktu 1 dan tidak bekerja 15 orang," beber dia.

Lanjutnya, sebanyak 5 orang memakai sabu dan 13 memakai ehabond.

"Sisanya narkotika jenis lain," bebernya.

Sebut dia, para pecandu ini direhab dengan metode konseling. Menurutnya rehab adalah salah satu program BNK yang dianggarkan.

Total anggaran 1 miliar pada tahun 2020."Anggaran tersebut digunakan untuk kegiatan rehab, pengungkapan kasus serta pembentukan desa bersih dari narkoba (bersinar)," kata dia.

Untuk kasus, kata dia, masih dalam pengembangan hingga belum bisa diekspos.Ke depan, pihaknya berencana menggelar tes urine bagi PNS di Bolmong.

Tes digelar secara dadakan.

"Ini berdasarkan instruksi presiden nomor 6 tahun 2018 tentang rencana aksi pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika," katanya.

Marchshell Sily Tanak, plt Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNK menambahkan salah satu program BNK Bolmong adalah pencanangan desa bersinar.

Sebut dia, program ini adalah yang pertama di Sulut. "Bertujuan mencegah penyaluran narkotika dari desa," kata dia.

Bebernya, tahun depan direncanakan penambahan desa bersinar yakni di Lolak.(*)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved