Belajar

5 Trik Mengembalikan Semangat Belajar di Masa Pandemi

Tak ada interaksi tatap muka dengan guru dan teman, tak bisa jajan di kantin sekolahan, bukan tak mungkin membuat kamu merasakan bosan belajar.

Editor: muhammad irham
int
Ilustrasi belajar 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Hampir 11 bulan pembelajaran jarak jauh (PJJ) berlangsung. Tak ada interaksi tatap muka dengan guru dan teman, tak bisa jajan di kantin sekolahan, bukan tak mungkin membuat kamu merasakan bosan belajar.

Tak ada salahnya untuk rebahan sebentar, namun semangat belajar harus segera dikembalikan terlebih bagi kamu siswa kelas 12 yang sebentar lagi akan mengikuti ujian, untuk bisa masuk ke kampus impian.

Melansir laman Zenius Education, bosan dan lelah belajar ternyata hal yang wajar terjadi terutama selama PJJ. Namun, mengembalikan "mood" untuk belajar bukanlah hal sulit untuk dilakukan, bila ada kemauan.

Berikut sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan semangat belajar:

1. Pindahkan tempat belajar

Berbeda dengan belajar di sekolah, belajar di rumah membuat pergerakan kamu lebih terbatas. Semisal hanya belajar di kamar dengan pemandangan itu-itu saja.

Saat istirahat, pemandangan itu pula yang kamu lihat. Untuk itu, pindahkanlah ruang belajar kamu sesekali dalam seminggu. Kamu bisa belajar di teras rumah, dapur, ruang makan, atau tempat lain selain ruang belajar selama ini.

Kamu juga bisa mengalihkan sejenak pandangan kamu dari laptop, ponsel serta buku dan berjalan-jalanlah sejenak.

2. Mandi

Menurut psikolog dari University of Wolverhampton Neil Morris, aktivitas mandi dapat menaikkan "mood" sekaligus membuat tubuh lebih rileks. Kamu bisa pilih sabun atau shampo dengan aroma favorit, yang dapat meningkatkan semangat kamu untuk belajar dan beraktivitas.

3. Tidur sebentar

Jangan sia-siakan momen rebahan dan segera lakukan "power nap". Power nap adalah tidur sebentar di siang hari agar otak kembali konsentrasi dan tubuh mendapatkan energi.

Tidak hanya membuat mata lebih segar, menurut penelitian dari Saarland University, power nap selama 45-60 menit bisa membantu meningkatkan memori. Namun, pastikan untuk mengatur waktu dengan cara memasang alarm, agar tidur siang tak kelamaan dan malah membuat kamu kehilangan waktu belajar.

4. Gunakan beragam sumber pembelajaran

Bosan dan lelah belajar bisa disebabkan karena bahan pembelajaran yang monoton, semisal buku atau slide presentasi. Kamu bisa mencoba metode pembelajaran lain, seperti menggunakan video pembelajaran dari sejumlah platform atau aplikasi.

Untuk membantu kamu belajar, Zenius memiliki video konsep "Kelas 5 Menit Zenius" yang menyajikan materi ringan namun bisa membantu kamu mengerti sebuah konsep dalam waktu 5 menit.

5. Belajar kelompok

Meski belum bisa belajar kelompok secara tatap muka, kamu tetap bisa belajar kelompok melalui video conference.

Cara ini terbukti mampu mengembalikan semangat belajar karena adanya interaksi lebih intens dengan teman-teman dekat.

Kamu juga bisa menanyakan materi-materi yang tak kamu mengerti, begitu juga sebaliknya, sehingga kebosanan karena belajar sendiri bisa teratasi. Selamat belajar!(*)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved