Kesehatan

4 Faktor Penyebab Sakit Kepala yang Perlu Anda Ketahui

Hampir setiap orang pernah mengalami sakit kepala sebelah kiri. Ada yang merasakannya secara tiba-tiba

Editor: muhammad irham
int
Ilustrasi sakit kepala 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Hampir setiap orang pernah mengalami sakit kepala sebelah kiri. Ada yang merasakannya secara tiba-tiba. Namun, ada pula yang rasa sakitnya datang secara perlahan dalam jangka waktu yang lama. Biasanya, rasa sakit akan menjalar hingga ke rahang atau belakang telinga.

Anda tidak perlu khawatir saat mengalami sakit kepala. Meski demikian, saat rasa sakit sering datang dalam rentang waktu yang panjang, Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter. Apalagi jika dibarengi dengan gejala lain yang lebih parah.

Mulai dari mual, muntah, dan lain sebagainya. Bisa saja, sakit kepala yang Anda rasakan adalah tanda masalah kesehatan yang tidak boleh diabaikan. Tidak hanya berkonsultasi dengan dokter, Anda pun perlu mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan sakit kepala.

Pola Hidup Tidak Sehat

Mengutip dari Healthline (healthline.com), sakit kepala bisa terjadi akibat pola hidup yang tidak sehat. Kondisi itu bisa terjadi saat Anda mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak, melewatkan jadwal makan, dan stres yang tidak Anda kelola dengan baik.

Gangguan tidur, seperti insomnia atau sleep apnea bisa jadi penyebab sakit kepala lainnya yang bisa Anda alami. Sakit kepala juga dapat lebih menyulitkan Anda untuk beristirahat. Supaya siklus itu bisa berhenti, segera konsultasi ke dokter untuk mendapat perawatan yang tepat.

Obat Sakit Kepala

Obat sakit kepala memang bisa meringankan sakit kepala sebelah kiri. Namun, saat Anda mengonsumsinya tidak sesuai dengan dosis yang disarankan, sakit kepala Anda akan terasa lebih parah.

Usakan untuk tidak mengonsumsi obat sakit kepala selama lebih dari tiga hari dalam satu minggu. Jika sakit kepala tak kunjung hilang, sebaiknya periksakan diri ke dokter supaya kondisi itu tak Anda alami.

Infeksi dan Alergi

Penyebab sakit kepala sebelah kiri selanjutnya yang disebutkan Healthline adalah infeksi dan alergi. Saluran pernapasan yang tersumbat akibat infeksi flu, sinus, atau alergi dapat membuat sakit kepala muncul.

Gangguan Sistem Saraf

Gangguan pada sistem saraf Anda juga bisa menimbulkan sakit kepala, lo. Beberapa masalah sistem saraf yang dimaksud adalah giant cell arteritis, occipital neuralgia, dan trigeminal neuralgia. Jika sakit kepala disertai dengan gejala lain, seperti pandangan yang mengabur, segera periksakan diri ke dokter.(*)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved