Virus Corona

10 Cara Paling Efektif Mencegah Penyebaran Virus Corona Menurut Para Ahli

Pandemi virus corona belum usai. Jumlah kasus infeksi virus corona di Indonesia masih terus bertambah setiap hari di berbagai daerah. 

Editor: muhammad irham
int
Ilustrasi pasien corona 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pandemi virus corona belum usai. Jumlah kasus infeksi virus corona di Indonesia masih terus bertambah setiap hari di berbagai daerah. 

Pemerintah terus berupaya untuk melakukan upaya testing dan tracing sebagai bagian proses penyelidikan epidemiologi dan pelacakan kontak untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

Salah satunya dengan menetapkan penggunaan Rapid Diagnostic Test (RDT) Antigen sebagai salah satu metode dalam pelacakan kontak, penegakan diagnosis, dan skrining Covid-19 dalam kondisi tertentu. 

Lantas, apa yang harus dilakukan untuk mencegah tertular virus corona? 

10 cara efektif mencegah virus corona 

Melansir laman resmi Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC), berikut adalah cara yang efektif untuk mencegah penularan virus corona:

1. Tinggal di rumah 

Anda harus membatasi aktivitas di luar rumah, kecuali untuk memperoleh layanan kesehatan. 

Selain itu, disarankan untuk tidak pergi bekerja, ke sekolah, atau mengunjungi tempat-tempat publik. Hindari menggunakan transportasi publik, berbagi kendaraan, atau taksi. 

2. Menggunakan masker 

Gunakan masker saat berada di sekitar orang lain, binatang peliharaan, atau jika akan tempat publik. Jika Anda tidak dapat menggunakan masker, orang yang tinggal bersama Anda tidak diperbolehkan untuk berada dalam ruangan yang sama. 

Atau sebaliknya, orang tersebut harus menggunakan masker ketika masuk ke ruangan Anda.

3. Sering mencuci tangan 

Cuci tangan lebih sering dengan menggunakan sabun dan air setidaknya 20 detik. Jika sabun dan air tidak tersedia, cucilah tangan dengan pembersih tangan yang mengandung setidaknya 60% alkohol.

4. Membersihkan permukaan benda yang sering disentuh

Permukaan benda yang seringkali disentuh, termasuk meja, gagang pintu, perlengkapan kamar mandi, toilet, telepon, keyboard, tablet, hingga tempat tidur.  Selain itu, bersihkan pula semua permukaan yang mungkin tersentuh darah, feses, atau cairan tubuh.

Gunakan semprotan pembersih dan lakukan pembersihan sesuai instruksi atau petunjuk yang tertera. Misalnya, prosedur pemakaian sarung tangan hingga ventilasi yang cukup saat penggunaan semprotan pembersih.

5. Menghindari penggunaan alat-alat pribadi bersama

Penggunaan alat-alat pribadi bersama yang harus dihindari misalnya adalah gelas, peralatan makan, dan handuk. Setelah digunakan, peralatan tersebut harus segera dicucui dengan sabun dan air. 

6. Menutupi batuk dan bersin 

Ikuti kami di
KOMENTAR
1495 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved