Bisnis Makanan

Tips Meningkatkan Bisnis Makanan Rumahan Ala Chef

Modal terbatas tidak berarti menghambat usaha makanan rumahan yang dirintis. Kamu bisa melakukan tiga langkah ini untuk meningkatkan bisnismu.

Editor: muhammad irham
Istimewa
Ilustrasi Makanan 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Modal terbatas tidak berarti menghambat usaha makanan rumahan yang dirintis. Kamu bisa melakukan tiga langkah ini untuk meningkatkan bisnismu.

Influencer kuliner yang berpartisipasi dalam kampanye # MulaiBarengBeko berbagi tips meningkatkan kecakapan dan daya tarik usaha makanan.

Mereka adalah Chef William Gozali, Culinary Storyteller Ade Putri Paramadita, dan Top 10 Masterchef Indonesia Amy Zein. Hal ini disampaikan di acara Media Briefing:
#MulaiBarengBeko, Jumat (19/2/2021).

1. Perhatikan bahan baku dan tampilan produk

“Bahan baku sangat menentukan kualitas makanan. Dengan bahan baku yang kualitasnya baik akan menciptakan sajian yang baik pula dari segi rasa dan juga kualitasnya,” jelas koki yang akrab disapa Wilgoz ini.

Ia menjelaskan sebagai langkah untuk menarik perhatian calon konsumen, hal pertama yang penting untuk dijual adalah tampilan makanan yang menarik dan estetik.

Bukan hanya bermodal foto produk yang bagus melainkan pemilihan bahan makanan yang tepat dan segar akan membuat tampilan makanan semakin baik dan terlihat menggiurkan.

“Bukan berarti harus mahal, namun pemilihan bahan yang segar dan berkualitas menjadi sebuah keharusan,” tembah Willgoz.

Di sisi lain ada faktor yang tak kalah penting, yaitu garnish atau pemanis tampilan, juga dapat membantu meningkatkan daya tarik dari produk makanan yang ditawarkan.

2. Bercerita rasa, melalui sosial media

“Kemampuan storytelling para pelaku usaha dibutuhkan untuk membalut produk, menambahkan nilai jual tanpa menjadikannya hard selling," ujar Culinary Storyteller Ade Putri Paramadita.

"Hal ini meliputi kelihaian berkisah mengenai asal usul santapan, proses pembuatan hingga manfaatnya,” lanjutnya.

Dengan begitu, ia menyebutkan konsumen akan lebih mudah merasa lekat hingga ingin mencoba produk yang nantinya dapat dinikmati tak hanya dengan indera pengecap saja.

Pada tips berikut ini, menekankan pada kekuatan media sosial yang saat ini tengah menjadi ujung tombak pemasaran bagi pelaku usaha makanan.

Oleh karena itu, dibutuhkan kemampuan untuk menceritakan rasa sebuah santapan secara apik, baik melalui visual, tulisan, maupun dengan betutur langsung melalui konten video unggahan.

3. Kemasan aman

Top 10 Masterchef Indonesia Season 6 Amy Zein memberikan tips berikutnya yaitu tentang kemasan produk.

“Kemasan produk adalah bagian dari branding sebuah usaha," jelas Amy.

Ia mengatakan wujud kemasan produk yang sampai ke tangan pelanggan, menjadi bukti dari profesionalitas. Sekaligus menunjukkan kualitas produk yang ditawarkan.

Kemasan juga berperan penting menjaga keamanan dan kenikmatan hidangan. Selain itu, pemilihan kemasan yang ramah lingkungan juga dapat menjadi salah satu nilai tambah.

Walaupun masih di level rumahan, sangat perlu untuk memperhatikan kesesuaian dan keamanan kemasan yang digunakan.

“Apalagi harus dimaklumi, jasa kurir yang kerap digunakan kadang kurang berhati-hati dalam membawa produk makanan, sehingga dibutuhkan perhatian yang khusus pada cara dan pemilihan kemasan” tambah Amy.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR
1496 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved